Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Thursday, September 25, 2014

15 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan


Manfaat Buah Semangka
Manfaat Mengkonsumsi Buah Semangka

Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak kenal buah semangka? Daging buahnya yang berwarna merah segar dengan kandungan airnya yang tinggi dan rasanya yang manis membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Buah semangka ini sangat cocok dikonsumsi pada saat udara panas sehingga tubuh menjadi segar. Buah ini tidak hanya nikmat dikonsumsi, dibalik itu semua ternyata buah semangka memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut akan dijelaskan 15 manfaat buah semangka untuk kesehatan yang wajib Anda ketahui :

1. Mencegah Dehidrasi  

Sebuah penelitian menunjukan bahwa mengkonsumsi buah semangka setelah atau sebelum tidur dapat menghindarkan kita dari dehidrasi. Semangka sendiri terdiri dari 90% air serta mamiliki kandungan zat elektrolit yang dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C berfungsi untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh Anda tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang bersahabat atau sangat ekstrem.

3. Mengatasi Sariawan 

Kandungan vitamin dan air di dalam buah semangka ternyata dapat membantu mengatasi sariawan yang disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di dalam mulut.

4. Menjaga Kesehatan Mata 

Buah semangka memiliki kandungan vitamin C, beta karoten dan Lutein yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Mengkonsumsi buah semangka juga dapat menurunkan resiko terkena degenerasi makula, yaitu gangguan mata yang menyebabkan berkurangnya fungsi penglihatan terutama pada lansia. Kandungan antioksidan di dalam buah semangka juga mempunyai fungsi untuk melindungi mata dari berbagai gangguan lain, seperti pengeringan air mata, rabun senja, dan glaukoma.

5. Menjaga Kesehatan Ginjal  


Zat kalium yang terkandung di dalam buah semangka memiliki kemampuan untuk membersihkan berbagai macam racun yang terdapat di dalam ginjal, mengurangi pembentukan batu ginjal, serta dapat mengurangi kerusakan ginjal.

6. Menyehatkan Jantung 

Kandungan karotenoid pada buah semangka sangat baik untuk meningkatkan fungsi kerja jantung, serta vitamin C, dan potasium dapat mengurangi kolesterol dan menyehatkan jantung. Dan juga karotenoid di dalam semangka juga berfungsi sangat baik untuk mencegah pengerasan dinding arteri.

7. Mencegah Penyakit Diabetes 

Bagi para penderita diabetes yang menghindari konsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, buah semangka dapat dijadikan pilihan alternatif sebagai pengganti gula. Meskipun buah semangka memiliki rasa yang sangat manis, ternyata buah ini mengandung kadar gula yang cukup rendah. Selain itu, berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan di dalam buah semangka ternyata juga dapat berfungsi untuk mengatur produksi insulin di dalam tubuh sehingga tingkat gula dalam darah dapat diturunkan.

8. Mencegah Kanker 

Manfaat buah semangka lainnya yang tidak kalah penting adalah dapat mencegah kanker karena kandungan zat Lypocene yang terdapat di dalam buah semangka berfungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang abnormal.

9. Memperkuat Tulang

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kalium. Kandungan kalium ini berfungsi untuk mempertahankan kalsium di dalam tubuh. Sehingga tulang dan sendi Anda akan menjadi lebih sehat dan kuat sepanjang waktu.

10. Mengurangi Tekanan Darah  

Adanya kandungan kalium dan magnesium dalam semangka membuat buah ini cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Zat kalium dan magnesium yang terdapat di dalam daging bagian putih semangka memiliki fungsi untuk menstabilkan dan menurunkan tekanan darah tinggi.

11. Membantu Penyembuhan Luka 

Kandungan citrulline di dalam buah semangka dapat membantu proses penyembuhan luka, biasanya citrulline ini terdapat pada bagian putih semangka dan biasanya kita jarang memakan bagian putihnya tersebut. 

12. Menangkal Radikal Bebas

Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang dapat mengancam kesehatan tubuh Anda. Jadi untuk menangkal radikal bebas, konsumsilah buah semangka karena buah ini mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang serta mengandung lycopen yang tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah radikal bebas yang memicu timbulnya penyakit kanker.

13. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Buah semangka merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan citrulline yang berperan untuk mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh Anda.

14. Makanan Untuk Diet  

Adanya kandungan serat di dalam buah semangka dapat membuat sistem pencernaan Anda menjadi lebih lancar. Selain itu, ternyata buah semangka juga termasuk makanan yang rendah kalori. Dalam 100 gram daging buah semangka hanya terdapat 40-50 kalori.

15. Meningkatkan Kesuburan Pria 

Kandungan lycopene di dalam buah semangka juga sangat bermanfaat untuk membantu peningkatan jumlah sperma pada pria. 

Nah, itulah tadi 15 manfaat buah semangka yang wajib Anda ketahui. Jika ada yang ingin menambahkan atau memberikan saran/kritiknya dipersilahkan. Semoga artikel 15 manfaat buah semangka bagi kesehatan ini dapat memberi manfaat bagi Anda. Akhir kata, terima kasih sobat atas waktunya dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi kesehatan berikutnya. :)



Salam,

15 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment