Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Saturday, September 13, 2014

13 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
Memutihkan Gigi

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Memiliki gigi yang putih bersih dan menawan merupakan dambaan setiap orang. Apalagi jika Anda hobi tertawa, dengan memiliki gigi kuning akan membuat Anda merasa minder. Gigi yang kuning juga menandakan bahwa gigi tersebut tidak sehat dan dapat mengganggu kesehatan anggota tubuh yang lain seperti mulut dan gusi. Nah, berikut adalah 13 cara memutihkan gigi secara alami yang akan membantu Anda lebih percaya diri :

1. Siwak

Merawat gigi juga dapat dilakukan dengan menggunakan Siwak. Siwak merupakan dahan atau akar pohon yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Cara merawat gigi dengan siwak sudah dilakukan kaum muslim sejak jaman dahulu untuk menjaga kebersihan dan kekuatan gigi. Semua dahan atau akar pohon dapat digunakan untuk bersiwak jika memenuhi syarat yaitu lembut dan harus terjaga kebersihannya. Gunakan siwak untuk menyikat gigi sehabis makan.

2. Baking Soda 

Baking soda sejak dulu dipercaya dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi. Pasta gigi yang mengandung baking soda sangatlah baik, karena dapat menetralkan gigi pada sifat asamnya dan juga mempertahankan email gigi Anda. Tetapi jika Anda ingin menggunakan baking soda secara langsung caranya adalah mengoleskan baking soda ke seluruh permukaan gigi dan biarkan sekitar 10 menit. Kemudia sikatlah gigi Anda dengan pasta gigi sampai bersih.

3. Strawberry

Kandungan malat yang terkandung di dalam strawberry merupakan salah satu zat yang sangat baik digunakan untuk memutihkan gigi. Konsumsilah strawberry secara rutin karena strawberry dapat membantu menghilangkan noda karat yang menempel pada gigi sehingga membuat gigi menjadi lebih putih.

4. Kulit Jeruk

Didalam kulit jeruk mengandung unsur pemutih yang sangat lembut sehingga dapat membantu menghilangkan noda karat pada gigi tanpa memberikan efek yang cukup berbahaya pada lapisal email gigi. Caranya adalah gunakan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih untuk menggosok gigi kuning anda, pilihlah kulit jeruk yang masih segar. Lakukan secara teratur setiap hari dan gigi akan menjadi putih secara alami dan cepat.

5. Lemon dan Garam

Pasta lemon dan garam ini dapat menghilangkan karat di permukaan gigi. Buatlah pasta yang terbuat dari beberapa tetes jus lemon yang dicampur dengan sedikit garam dapur. Lalu gunakan pasta campuran ini ketika Anda menggosok gigi. Lakukan secara teratur agar hasilnya terlihat.

6. Daun Salam

Daun salam juga dapat dijadikan bahan alami sebagai cara memutihkan gigi. Caranya adalah siapkan sekitar 6 lembar daun salam, lalu jemur terlebih dahulu di terik matahari, kemudian remas hingga menjadi bubuk, tambahkan juga sedikit bubuk kulit jeruk. Cara pemakaiannya adalah dengan menggosokkan campuran daun salam dengan kulit jeruk tadi ke gigi Anda. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Arang Kayu

Cara memutihkan gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan arang kayu. Jika dipikir-pikir aneh memang, memutihkan gigi dengan benda yang jelas-jelas berwarna hitam. Cara ini termasuk cara yang tradisional namun ampuh menghilangkan warna kuning pada gigi. Tapi Anda juga sebaiknya berhati-hati dalam memakai arang kayu, karena penggunaan secara berlebih dapat merusak email gigi dan menyebabkan rasa sakit pada gigi. Jadi sebaiknya lakukan sewajarnya saja.

8. Biji Buah Pinang

Biji buah pinang bermanfaat untuk merawat gigi kita. Biji buah pinang diyakini masyarakat jaman dahulu dapat membantu untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan membakar biji buah pinang hingga hangus lalu dihaluskan hingga lembut. Kemudian gosokan lah biji buah pinang yang telah halus tersebut ke gigi Anda dengan menggunakan sabut pinang atau kain katun. Lakukan 2 minggu sekali. Biji buah pinang ini selain dapat memutihkan gigi juga dapat untuk memperkuat gigi Anda.

9. Wortel, Seledri, Apel, dan Pir

Mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran dapat memberi kesegaran pada gigi, misalnya seperti sering mengkonsumsi wortel, seledri, apel, dan pir yang sifatnya adalah sama seperti sikat gigi yang dapat memutihkan warna gigi. Tanpa di sadari, buah dan sayuran yang Anda konsumsi dapat mengangkat noda di gigi tanpa harus merusak email gigi dan bisa memproduksi air liur yang banyak sehingga menjaga kebersihan gigi. Selain itu khasiatnya bisa dijadikan sebagai penghilang noda pada gigi.

10. Susu

Tahukah anda, beberapa produk susu yang terjual di pasaran seperti keju atau jenis makanan lain (yogurt) yang mengandung kalsium yang tinggi akan sangat baik dikonsumsi untuk membantu memutihkan dan menguatkan gigi Anda. Jadi, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi terutama susu.

11. Permen Karet

Siapa sangka bahwa mengunyah permen karet dapat membantu membersihkan gigi Anda? Tetapi pada kenyataannya, mengunyah permen karet bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Terlebih lagi sekarang sudah ada permen karet yang memang diformulasikan untuk memutihkan gigi.

12. Cuka Sari Apel 

Anda bisa mencampurkan cuka sari apel serta minyak zaitun untuk menjadi ramuan pemutih gigi. Dengan menggunakan bahan campuran ini Anda dapat melihat dan merasakan perubahan sensasional pada warna gigi anda.

13. Sikat Gigi Teratur

Tips terakhir, usahakan anda menyikat gigi setiap hari minimal 3x sehari yaitu pada pagi hari, siang dan malam hari sebelum Anda tidur. Sebaiknya, pilihlah sikat gigi yang tidak berbahaya untuk gusi Anda. Menyikat gigi yang baik dan benar minimal memerlukan waktu selama 3 menit. Menyikat gigi juga jangan keras-keras karena hal ini dapat merusak dan menyakiti gusi anda. Lakukan lah kebiasaan baik ini secara rutin agar kesehatan gigi anda tetap terjaga dan gigi putih Anda tetap terjaga.

Nah, itulah tadi 13 cara memutihkan gigi secara alami untuk Anda. Selamat mencoba kawan dan semoga artikel ini dapat bermanfaat. Silahkan jika ada yang ingin menambahkan. Terima kasih. Jangan lupa berkunjung lagi ya untuk mendapatkan informasi berikutnya. :)

Salam,

13 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment