Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Saturday, September 27, 2014

12 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

Apakah Anda sudah mencoba mengkonsumsi buah sirsak? Bagi yang sering mengkonsumsinya tentu sudah mengetahui rasanya, buah sirsak memiliki rasa asam manis yang menyegarkan. Banyak orang yang menikmati buah sirsak ini dengan dijadikan jus, tetapi ada pula yang memakan langsung daging buahnya yang putih lembut itu. Buah sirsak telah dipercaya puluhan tahun untuk mengobati berbagai penyakit dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya yang dapat menyerang tubuh manusia. Nah, berikut adalah 12 manfaat buah sirsak bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :

1. Sumber Energi

Zat thiamin yang terkandung di dalam buah sirsak juga dapat membantu untuk meningkat energi sehingga Anda pun menjadi lebih bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Buah sirsak juga mengandung fruktosa yang merupakan suatu bentuk gula sederhana (monosakarida) sebagai sumber energi yang lebih sehat.

2. Menangkal Radikal Bebas

Buah sirsak kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan yang menangkal kerusakan sel akibat radikal bebas. Vitamin C di dalam buah sirsak selain dapat mengatasi radikal bebas juga bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah terjadinya penuaan dini.

3. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Sirsak mengandung niacin, suatu nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) yang mencegah penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Dan juga serat yang terkandung di dalam buah sirsak dapat berfungsi untuk menyerap kolesterol jahat di dalam tubuh dan mempermudah kolesterol tersebut keluar dari dalam tubuh sehingga yang tersisa di dalam tubuh hanya tinggal kolesterol baik saja.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi di dalam buah sirsak dapat menunjang dan mempelancar sistem pencernaan. Buah sirsak mengandung 2 jenis serat, yaitu serat larut dan serat tidak larut yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Mencegah Kanker

Seperti halnya manfaat manggis yang cukup ampuh sebagai anti kanker, ternyata buah sirsak juga dapat mencegah dan mengobati kanker atau tumor. Buah sirsak dipercaya memiliki antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kanker, sedangkan daunnya juga dipercaya dapat mengobati kanker yang menyerang tubuh. Buah sirsak mengandung zat-zat fitokimia yang disebut annonaceous acetogenin yang memiliki sifat anti kanker. Dan buah sirsak ini merupakan salah satu jenis buah yang paling banyak diteliti zat anti kankernya.

6. Mencegah Migrain

Buah sirsak kaya akan vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin B2 berkhasiat untuk menurunkan rasa sakit di kepala, termasuk mengatasi sakit kepala sebelah. Menurut beberapa studi, konsumsi makanan kaya vitamin B2 atau riboflavin juga dapat membantu mencegah migrain (sakit kepala sebelah).

7. Mencegah Anemia

Manfaat buah sirsak yang berikutnya adalah dapat mencegah anemia karena buah sirsak mengandung zat besi yang diperlukan dalam pembentukan sel darah merah yang sehat. Karena jika Anda kekurangan zat besi dapat menyebabkan terkena anemia.

8. Mencegah Kram Otot

Buah sirsak mengandung kalium yang bermanfaat untuk membantu fungsi kontraksi otot. Karena jika kekurangan kalium di dalam tubuh dapat menyebabkan otot lemah dan kram otot.

9. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah sirsak mengandung fosfor dan kalsium yang bermanfaat memperkuat tulang sehingga mencegah osteoporosis (tulang rapuh). Selain itu, buah sirsak juga mengandung banyak tembaga yang dapat membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga dapat menambah kebutuhan nutrisi tulang dengan baik.

10. Menyehatkan Otak

Di dalam buah sirsak terkandung zat folat yang dikenal sebagai salah satu nutrisi yang baik untuk kesehatan otak.

11. Mengatasi Ambeien

Manfaat buah sirsak yang lain ternyata juga dapat membantu menyembuhkan ambeien. Untuk mengatasi ambeien dengan buah sirsak, penderita ambeien bisa mengkonsumsi air sari buah sirsak yang sudah matang sebanyak satu gelas. Minum lah ramuan ini dua kali sehari secara teratur untuk mempercepat proses penyembuhan ambeien.

12. Menyembuhkan Bisul

Buah sirsak ternyata memiliki manfaat yang sangat efektif untuk menyembuhkan bisul. Cara penggunaannya adalah ambil lah buah sirsak yang masih muda, kemudian remas-remas buah tersebut dan tempelkan di bagian tubuh yang terkena bisul selama 20 menit. Lakukan lah hal ini secara teratur agar bisul dapat segera sembuh.

Nah, itulah tadi 12 manfaat buah sirsak bagi kesehatan. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin menambahkannya silahkan. Akhir kata, terima kasih atas waktunya dan silahkan berkunjung kembali ke blog ini untuk mendapatkan update an informasi berikutnya. :)


Salam,

12 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment