Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, September 17, 2014

12 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan
Manfaat dari Buah Pepaya

Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan

Pepaya mempunyai nama latin Carica papaya dan termasuk dalam famili Caricaceae. Nama dari buah "Pepaya" sendiri diambil dari bahasa belanda yakni "Papaja". Tanaman pepaya dulunya berasal dari Meksiko bagian selatan dan juga bagian utara dari Amerika Selatan, namun kini tanaman pepaya ini sudah menyebar luas di seluruh daerah tropis. Meski buah pepaya termasuk buah yang murah dan mudah didapat, namun jangan pernah memandang remeh tentang manfaatnya. Dan bagi Anda yang hobi menyantap buah pepaya, ada baiknya jika mengetahui keistimewaan buah yang satu ini agar keyakinan Anda untuk mengonsumsinya kian bertambah. Nah, berikut saya sajikan 12 manfaat buah pepaya bagi kesehatan Anda :

1. Membantu Diet

Buah pepaya yang mempunyai rasa manis dan daging yang lembut ini ternyata termasuk buah yang rendah kalori dan bergizi tinggi. Dengan demikian buah pepaya sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang sedang melakukan diet.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam pepaya terkandung berbagai vitamin, salah satunya adalah Vitamin C. Manfaat dari vitamin ini salah satunya yakni untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga apabila buah ini dikonsumsi secara rutin dapat mencegah berbagai penyakit seperti flu, pilek, dan juga batuk.

3. Melancarkan Proses Pencernaan

Buah pepaya mengandung enzim papain dan serat. Penelitian membuktikan bahwa kandungan papain dalam buah pepaya bermanfaat untuk membunuh parasit yang menganggu aktivitas pencernaan. Selain itu pepaya juga mengandung serat yang cukup, sehingga apabila dikonsumsi secara rutin buah ini dapat melancarkan proses pencernaan dan dapat membantu mengatasi masalah lambung dan gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan efektif untuk mencegah wasir..

4. Membersihkan Usus

Buah pepaya merupakan solusi detoksifikasi yang sangat ampuh. Tidak hanya memperlancar buang air besar saja tetapi buah pepaya juga dapat membantu membersihkan usus Anda dari racun-racun yang tak sengaja diserap tubuh. Kandungan serat dan antioksidannya, yang berfungsi untuk mengangkat dan membersihkan bagian usus dan membawanya melalui saluran pembuangan.

5. Mencegah Kanker

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang mengandung lycophene, kandungan tersebut dikenal sebagai zat yang sangat aktif dalam mencegah kanker dan juga memerangi penyebaran sel kanker. Buah pepaya ini sangat efektif sebagai anti kanker untuk melawan berbagai jenis kanker, seperti kanker paru-paru, pankreas, hati, dan juga kanker rahim.

6. Mengurangi Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Manfaat buah pepaya lainnya yang tidak kalah penting dan yang jarang diketahui banyak orang adalah dapat mengurangi resiko stroke dan mencegah serangan jantung karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalam buah pepaya bermanfaat untuk mencegah oksidasi kolestrol serta dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

7. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan antioksidan di dalam pepaya berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai masalah di kulit, misalnya seperti flek, keriput, dan sebagainya.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah pepaya terdapat kandungan betakaroten yang dapat dikonversi menjad vitamin A. Sehingga apabila Anda mengkonsumsi buah pepaya ini secara rutin dapat membantu untuk menjaga kesehatan mata Anda.

9. Anti Radang

Kandungan papain dan chymopapain yang terkandung di dalam pepaya dapat meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar. Oleh sebab itu, buah pepaya kemudian dimanfaatkan untuk membantu menyembuhkan berbagai luka di kulit dan berbagai penyakit kulit lainnya.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Di dalam buah pepaya terkandung vitamin A, C, dan E yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Selain membantu melembabkan, ketiga vitamin tersebut juga dapat membantu mengembalikan kulit yang kusam menjadi cerah dan lebih segar. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda cukup mengkonsumsinya secara rutin saja.

11. Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain buahnya, biji pepaya juga mengandung nutrisi yang penting bagi kesehatan. Biji pepaya mengandung flavonoid dan phenotic. Kedua kandungan ini merupakan sebuah zat aktif yang berperan penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

12. Meningkatkan Vitalitas Pria

Kandungan enzim arginine di dalam buah pepaya, sangat efektif untuk mendongkrak aliran darah di area mr P. Enzim arginine mendorong asam nitrat tubuh untuk merilekskan otot-otot di sekitar pembuluh darah, sehingga mr P membesar dan aliran darah di area tersebut lebih lancar.

Nah, itulah tadi 12 manfaat buah pepaya bagi kesehatan Anda. Jika ada yang ingin menambahkan atau berkomentar silahkan dan jangan lupa berkunjung lagi ke blog sederhana ini untuk mendapatkan informasi kesehatan terbaru lainnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Terima kasih untuk waktunya sobat. :)

Salam,

12 Manfaat Buah Pepaya Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment