Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Sunday, September 28, 2014

12 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Melon
Manfaat Mengkonsumsi Buah Melon

Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan

Siapa yang tidak tahu buah melon? Anda semua pasti sudah mengenalnya bahkan mungkin Anda sudah sering mengkonsumsinya. Buah melon ini cukup digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan menyegarkan. Tetapi tidak banyak orang yang tahu bahwa dibalik kesegarannya, buah melon ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Nah, berikut adalah 12 manfaat buah melon bagi kesehatan yang sebaiknya Anda ketahui :

1. Baik untuk Diet

Buah melon sangat cocok dikonsumsi saat Anda sedang berdiet untuk menurunkan berat badan karena buah ini sangat rendah kalori, bebas lemak, dan kolesterol, sehingga jika Anda mengkonsumsinya tidak akan berpengaruh terhadap berat badan Anda dan tidak mengganggu program diet Anda.

2. Meredakan Panas Dalam

Kadar air di dalam buah melon mencapai lebih dari 90%. Air yang terkandung di dalam buah melon ini dapat meredakan panas dalam, karena air tersebut memberikan efek yang menyegarkan dan menyejukkan. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mengalami panas dalam cobalah untuk mengkonsumsi buah melon untuk meredakannya.

3. Melancarkan BAB

Buah melon dapat melancarkan BAB (buang air besar). Kandungan air yang terdapat di dalam buah melon ini sangat baik untuk melancarkan pencernaan, karena kandungan air ini mampu menghilangkan keasaman tubuh yang perlu dihilangkan karena dapat mengganggu pencernaan, khususnya pada organ lambung. Jadi, jika Anda sedang mengalami masalah pencernaan seperti sulit buang air besar maka cobalah untuk mengkonsumsi buah melon untuk memperlancarnya.

4. Meredakan Sakit Maag dan Mulas

Buah melon sangat bermanfaat untuk meredakan sakit maag dan mulas. Mulas terkadang berasal dari makanan yang kita konsumsi, dan buah melon ini memiliki kadar air hingga lebih dari 90% yang dapat memberikan efek menenangkan.

5. Anti Aging

Kolagen adalah sebuah zat yang sering digunakan untuk mengurangi efek penuaan pada wanita di dunia agar terlihat lebih awet muda. Nah, zat kolagen ternyata juga terdapat pada buah melon. Selain mencegah penuaan, ternyata kolagen juga bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka.

6. Anti Kanker

Kandungan karotenoid yang terdapat pada buah melon ternyata memiliki kemampuan untuk menangkal serangan kanker. Kandungan karotenoid yang tinggi pada buah melon ini dapat mencegah kanker paru-paru dan kanker payudara.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat buah melon berikutnya adalah dapat menangkal radikal bebas. Buah melon ini sangat kaya akan kandungan antioksidan flavonoid, seperti lutein, beta-karoten, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Antioksidan ini memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel dan struktur lainnya yang terdapat di dalam tubuh dari ancaman radikal bebas.

8. Mencegah Serangan Jantung

Kandungan zat adenosine pada buah melon juga bermanfaat untuk menghentikan penggumpalan sel darah yang dapat mengakibatkan serangan jantung. Zat adenosine ini bekerja dengan cara melancarkan peredaran sel-sel darah merah sehingga memperkecil risiko serangan jantung.

9. Mencegah Stroke

Buah melon ternyata juga mengandung zat kalium. Zat kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Hal ini sangat membantu untuk mencegah terjadinya stroke.

10. Menyembuhkan Penyakit Ginjal

Buah melon mempunyai daya diuretik yang sangat baik sehingga dapat membantu untuk  menyembuhkan penyakit ginjal. Jika dikombinasikan dengan lemon, buah melon ini dapat menumpas penyakit asam urat. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi buah melon secara rutin sehari sekali pada pagi hari.

11. Mencegah Impotensi

Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di Inggris, buah melon mengandung asam amino yang disebut dengan citrulline yang dapat memproduksi arginine. Zat arginine ini berguna untuk meningkatkan aliran darah, terutama aliran darah yang menuju ke organ seksual. Zat arginine ini bekerja sebagai stimulator yang memperlebar pembuluh darah, sehingga aliran darah yang sedang menuju organ seksual menjadi lebih lancar dan terhindar dari disfungsi ereksi (impotensi).

12. Menyehatkan Kulit

Di dalam buah melon terkandung zat kolagen. Zat kolagen merupakan senyawa protein yang mempengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan kulit. Zat kolagen ini juga memiliki fungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Jadi, jika Anda sering mengkonsumsi buah melon akan membuat kulit tampak halus dan tidak kering.

Nah, itulah tadi 12 manfaat buah melon yang wajib Anda ketahui. Jika ada yang ingin memberikan kritik/saran dipersilahkan. Semoga artikel 12 manfaat buah melon bagi kesehatan ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang membacanya. Akhir kata, terima kasih atas waktunya dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog sederhana ini untuk mendapatkan update an informasi kesehatan berikutnya. :)

Salam,
 

12 Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment