Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Sunday, September 28, 2014

10 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Rambutan
Manfaat Mengkonsumsi Buah Rambutan

Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tidak mengenal buah rambutan? Buah dengan rasa yang manis dan menyegarkan ini memang sangat cocok jika dikonsumsi saat cuaca panas. Dan yang membanggakan adalah buah ini ternyata buah asli dari Indonesia. Tetapi selain buah ini nikmat untuk dikonsumsi ternyata buah rambutan juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda. Nah, berikut akan dijelaskan 10 manfaat buah rambutan bagi kesehatan yang wajib Anda ketahui :

1. Sumber Energi

Bagi Anda yang mudah lelah dalam menjalani berbagai rutinitas, pilihlah alternatif dengan mengkonsumsi buah rambutan untuk meningkatkan energi Anda dengan cepat. Hal ini dikarenakan di dalam buah rambutan terkandung sejumlah karbohidrat dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah rambutan juga mampu untuk meningkatkan sisitem kekebalan tubuh karena kandungan di dalam buah rambutan sangat bermanfaat besar dalam menghasilkan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas untuk melawan berbagai virus, kuman serta bakteri yang dapat membahayakan tubuh Anda.

3. Pembentukan Darah 

Buah rambutan yang manis ini juga mengandung sejumlah kecil zat tembaga. Zat ini diperlukan sebagai pembentuk dari sel darah putih dan sel-sel darah merah.

4. Menurunkan Berat Badan

Buah rambutan memiliki kandungan serat dan air yang cukup tinggi, sehingga hal ini dapat mengenyangkan tubuh dan dengan begitu tubuh kita tidak akan mudah merasa lapar sehingga akan berdampak pada berat badan.

5. Melindungi dari Radikal Bebas

Radikal bebas dapat masuk ke dalam tubuh kita dari udara yang kita hirup. Kandungan vitamin C di dalam buah rambutan bermanfaat untuk menjaga dan melindungi tubuh dari berbagai radikal bebas tersebut. Dan di dalam kulit rambutan terkandung senyawa asam Galia, senyawa ini juga bertindak sebagai penangkal radikal bebas.

6. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Manfaat buah rambutan selanjutnya adalah dapat mencegah pertumbuhan sel kanker. Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli di Thailand mengungkapkan bahwa ternyata kulit, biji dan buah rambutan mengandung antioksidan tinggi yang dinamakan flavonoid. Flavonoid ini diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol, mencegah peradangan (anti inflamasi) dan dapat mencegah pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Mengatasi Masalah Anemia

Buah rambutan juga bermanfaat untuk mengatasi masalah anemia. Biasanya kekurangan zat besi merupakan penyebab umum timbulnya anemia. Nah, ternyata buah rambutan dapat mengatasi masalah anemia tersebut sebab buah rambutan merupakan sumber zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini juga mampu untuk meningkatkan jumlah oksigen di dalam tubuh.

8. Menyehatkan Ginjal

Fosfor yang terkandung di dalam buah rambutan sangat berperan unutk menghilangkan berbagai limbah yang terdapat di dalam ginjal Anda. 

9. Menyehatkan Pencernaan

Buah rambutan juga memiliki serat yang dapat membantu agar terhindar dari sembelit. Selain itu, rambutan juga dapat mematikan parasit dalam usus dan membantu meringankan gejala diare.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat buah rambutan selanjutnya adalah dapat menurunkan tekanan darah. Berdasarkan hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 9 atau 10 butir rambutan efektif menurunkan tekanan darah.

Nah, itulah tadi  10 manfaat buah rambutan yang wajib Anda ketahui. Jika ada yang ingin menambahkannya dipersilahkan. Semoga artikel 10 manfaat buah rambutan bagi kesehatan ini dapat memberikan manfaat bagi Anda yang membacanya. Akhir kata, terima kasih sobat atas waktunya dan jangan lupa berkunjung kembali ke blog sederhana ini untuk mendapatkan informasi-informasi kesehatan berikutnya. :)
- See more at: http://www.tipscaramanfaat.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-rambutan-untuk-kesehatan-818.html#sthash.X1AGm2Dk.dpuf

Salam,

10 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment