Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Tuesday, September 9, 2014

10 Cara Mengatasi Darah Rendah

Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Anda
Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Cara Mengatasi Darah Rendah

Apakah Anda seringkali merasakan pusing, lesu, atau berkunang-kunang? Jika iya, mungkin Anda sedang mengalami tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah kondisi di mana tekanan darah seseorang kurang dari ukuran normal. Tekanan darah berhubungan erat dengan kemampuan jantung memompa darah. Lalu bagaimana cara mengatasi tekanan darah rendah? Nah, berikut ini 10 cara mengatasi darah rendah secara alami:

1. Olahraga Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu memperlancar aliran darah Anda. Caranya, cobalah berenang dua hingga tiga kali seminggu dan jalan santai atau jogging sekitar 30 menit, hal ini dapat meringankan tekanan darah rendah Anda.

2. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Air putih dipercaya sebagai obat alami untuk mengatasi serta mencegah berbagai macam penyakit, termasuk darah rendah. Sangat dianjurkan menkonsumsi cukup air setiap hari, sekitar 8 hingga 10 gelas perhari. Saat tubuh mendapatkan cukup air, maka air dapat meningkatkan volume darah dan membantu memperlancar peredaran darah sehingga perlahan-lahan tensi darah Anda akan lebih mudah meningkat.

3. Kopi

Kandungan antioksidan pada kopi dapat menahan peradangan pada arteri. Selain itu meminum kopi juga dapat menaikkan tekanan darah dan denyut jantung. Minum satu hingga dua gelas kopi cukup efektif untuk mengatasi keluhan tekanan darah rendah Anda. Tetapi yang harus di ingat, minum kopi juga tidak boleh berlebihan karena tidak baik untuk yang memiliki keluhan jantung dan pencernaan.

4. Daging dan Hati Ayam

Daging atau hati ayam merupakan makanan yang mengandung protein hewani sehingga baik untuk mengatasi tekanan darah rendah Anda, karena protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun sel, termasuk sel yang ada di dalam pembuluh darah. Jika pembuluh darah Anda lemah, maka aliran darah yang mengalir ke seluruh tubuh juga ikut lemah, inilah yang mengakibatkan terjadinya tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah biasanya juga terjadi akibat kandungan garam di dalam darah terlalu rendah, jadi ketika Anda mengkonsumsi daging atau hati ayam sebaiknya yang asin dan banyak mengandung garam, hal ini dimaksudkan untuk mengganti elektrolit di dalam tubuh.

5. Roti dan Sereal

Roti dan Sereal mampu memberikan 20 persen zat besi jika dikonsumsi setiap harinya. Maka ada baiknya jika makanan yang terbuat dari Gandum ini dikonsumsi setiap hari karena bisa memberikan efek lebih sehat pada tubuh dan yang terpenting mengandung banyak kandungan zat besi yang bisa mengurangi resiko tekanan darah rendah.

6. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan sangat baik untuk orang yang menderita tekanan darah rendah agar dapat menstabilkan tekanan darah di dalam tubuhnya. Konsumsilah buncis, kacang polong, kacang merah, dan kacang hijau untuk mengatasi tekanan darah rendah Anda. Kacang-kacangan tersebut akan dicerna secara perlahan di dalam sistem pencernaan. Hal inilah yang membuat tekanan darah menjadi naik.

7. Sayur Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau yang kaya kalium dan folat namun rendah sodium. Bayam sangat efektif untuk mengatasi tekanan darah rendah karena dapat membuat peredaran darah lebih lancar dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

8. Mengurangi Gula dan Alkohol

Mengkonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol secara drastis dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah, peningkatan tensi yang mendadak dapat mengakibatkan efek samping yang berbahaya, seperti berkunang-kunang, pusing akut, bahkan pingsan. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk Anda mengkonsumsi terlalu banyak gula dan alkohol dalam waktu singkat.

9. Hindari Mandi Air Hangat

Mandi air hangat memang memiliki efek relaksasi yang luar biasa, tetapi bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah sebaiknya mengurangi hal ini. Karena alasan utamanya adalah dengan mandi air hangat dapat membuat tekanan darah Anda semakin turun. Selain itu, hal ini juga dapat membuat Anda merasa pusing, lemas, dan tidak bertenaga.

10. Bangun dan Berdirilah Secara Perlahan

Hal ini sangat penting untuk di ingat, terutama bagi Anda yang memiliki tekanan darah rendah akut, selalu bangun dan berdirilah secara perlahan-lahan. Jika Anda bangun atau berdiri secara mendadak, efek samping yang dirasakan adalah pusing, berkunang-kunang, bahkan terjatuh. Jika kebetulan Anda merasakan hal tersebut, segeralah bersandar di kursi atau tembok terdekat untuk membantu Anda menormalkan aliran darah. Sebaiknya saat bangun tidur, ketika pertama kali Anda membuka mata, jangan langsung duduk ataupun berdiri. Berdiam dirilah selama sesaat untuk mengambil nafas dalam-dalam dan menghembuskannya. Setelah Anda sepenuhnya memperoleh kesadaran, barulah Anda mencoba duduk atau bangun secara perlahan.

Nah, itulah 10 cara mengatasi darah rendah Anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Jika ada yang ingin menambahkan dipersilahkan dan jangan lupa untuk berkunjung lagi ke blog sederhana ini untuk mendapatkan informasi kesehatan berikutnya. Terima kasih.

Salam,

10 Cara Mengatasi Darah Rendah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment