Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Monday, September 22, 2014

10 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami


Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami
Mengatasi Bau Badan

Cara Mengatasi Bau Badan

Bau badan disebabkan oleh bakteri dan keringat. Meskipun keringat tidak menimbulkan bau, tetapi keringat dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri di tubuh Anda. Bau badan disebabkan karena adanya suatu kegiatan oleh bakteri-bakteri yang hidup secara ilmiah pada permukaan kulit, kemudian bakteri-bakteri tersebut mengeluarkan kotoran berupa bahan kimia alami yang baunya sangat mengganggu dan tidak sedap.
Nah bagi Anda yang memiliki bau badan, sekarang tidak perlu khawatir lagi karena Anda bisa mencoba 10 cara mengatasi bau badan di bawah ini :

1. Air Rebusan Daun Sirih

Salah satu manfaat dari daun sirih adalah untuk menghilangkan bau badan dan untuk mengatasi hal tersebut dengan daun sirih bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu mandi menggunakan air rebusan daun sirih dan meminum air rebusan daun sirih. Cara pertama, sediakan kurang lebih 30 lembar daun sirih dan campur dengan air secukupnya. Kemudian panaskan hingga airnya mendidih, lalu campur air rebusan sirih tersebut dengan air dingin agar air rebusan tersebut tidak terlalu panas. Setelah itu, mandilah dengan menggunakan air rebusan daun sirih tersebut. Lakukan lah cara ini secara rutin.
Selanjutnya selain dengan cara dimandikan, daun sirih juga harus diminum agar hasilnya lebih optimal. Cara kedua yaitu sediakan beberapa lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 1 gelas air putih. Tunggu hingga air rebusan daun sirih tersebut dingin, lalu minumlah. Anda juga bisa menambahkan gula putih agar rasanya lebih manis dan enak.

2. Jeruk Nipis

Siapkan 1 buah jeruk nipis lalu potong secara melintang. Kemudian taburkan permukaan irisan jeruk nipis tersebut dengan kapur dan daun sirih secukupnya. Setelah itu, oleskan jeruk nipis yang sudah tercampur tersebut pada ketiak Anda selama 15 - 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap sehabis mandi pagi maupun sore untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Mentimun

Mentimun selain enak untuk di makan juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, potonglah mentimun secara melintang kemudian oleskan pada ketiak Anda sehabis mandi.

4. Jahe

Jahe sering dijadikan sebagai bahan minuman hangat dan pengganti minyak pijat. Tetapi manfaat jahe tidak sampai situ saja, jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Ada 2 cara untuk menggunakannya, yang pertama adalah dengan meminum minuman jahe secara teratur. Cara yang kedua, Anda dapat mengoleskan parutan jahe pada bagian ketiak agar terhindar dari bau badan yang tidak sedap.

5. Cengkih

Cengkih merupakan bagaian dari rempah-rempah yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan. Caranya, ambil lah beberapa kuntum cengkih lalu rendam dengan air hingga cengkih mengembang. Kemudian silahkan air cengkih tersebut Anda minum. Anda dapat menambahkan gula jika air cengkih tersebut kurang enak. Cengkih ini juga dapat Anda gunakan untuk menghilangkan bau ketiak hanya dengan mengoleskan air rendaman cengkih tersebut pada ketiak Anda.

6. Cuka Apel 

Cuka apel merupakan deodorant alami yang dapat mengurangi pH kulit. Anda bisa mencobanya sebagai cara mengatasi bau badan pada ketiak dengan cara menggunakan sari cuka apel setiap hari sebagai pengganti deodorant. Cara menggunakannya dengan cara memasukkan cuka apel kedalam segelas air, setelah itu pakailah campuran tersebut untuk membilas ketiak Anda setiap mandi.

7. Baking Soda

Baking soda selain bermanfaat untuk memutihkan gigi, ternyata baking soda juga bermanfaat untuk mengurangi keringat yang berlebihan. Cara menggunakannya adalah dengan memakai baking soda pada bagian ketiak dan kaki sehingga dapat mengurangi keringat yang keluar dari dalam tubuh Anda.

8. Daun Kemanggi

Daun kemangi mempunyai kandungan zat aktif yang dapat menghilangkan bau badan. Jadi, konsumsilah daun kemangi yang dijadikan sebagai urab atau lalapan sebagai teman nasi Anda secara rutin dipagi dan sore hari agar terhindar dari yang namanya bau badan.

9. Daun Beluntas 

Umumnya beluntas ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tinggi tanaman ini bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, oleh sebab itu beluntas seringkali ditanam sebagai pagar pekarangan. Namun ternyata selain dapat digunakan sebagai tanaman pagar, beluntas juga bermanfaat dalam mengatasi bau badan. Cara memanfaatkannya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu mengkonsumsinya sebagai lalapan. 

10. Mengurangi Konsumsi Bawang

Bawang dapat menyebabkan bau badan dan membuat nafas menjadi bau. Oleh sebab itu, kurangi lah mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bawang untuk menghindari keringat Anda menjadi bau.

Nah, itulah tadi 10 cara mengatasi bau badan secara alami. Jika ada yang ingin menambahkan silahkan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan selamat mempraktekannya. Akhir kata, terima kasih atas waktunya sobat dan jangan lupa berkunjung kembali lagi ke blog ini untuk mendapatkan informasi-informasi berikutnya. :)

Salam,

10 Cara Mengatasi Bau Badan Secara Alami Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment