Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Monday, August 18, 2014

15 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Manfaat Minum Air Putih

Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan 

Sudahkah Anda cukup minum air putih hari ini? Meskipun kelihatannya sangat remeh tetapi air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh ataupun untuk tujuan kecantikan.
Tubuh manusia 70% nya terdiri dari cairan, maka dari itu kita harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh agar bisa menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap optimal. Fungsi air dalam tubuh berperan penting dalam proses pencernaan, penyerapan, transportasi nutrisi, sirkulasi, mengeluarkan zat sisa metabolisme, produksi air ludah, dan mempertahankan suhu pada tubuh. Itulah mengapa manusia dapat bertahan hidup jika tidak ada asupan makanan tetapi tidak apabila kekurangan air.

Berikut 15 manfaat air putih untuk kesahatan dan kecantikan kulit :

1. Memperlancar Sistem Pencernaan

   Apabila kebutuhan cairan dalam tubuh terpenuhi, maka akan terhindar dari konstipasi karena cairan dalam proses pencernaan selain itu juga dapat membantu penyerapan nutrisi.

2. Mencegah Penyakit Jantung

    Orang yang terbiasa minum air putih lebih dari lima gelas dalam sehari, kemungkinannya untuk meninggal akibat serangan jantung turun 41 persen dibandingkan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih sehari, demikian menurut studi selama enam tahun yang diterbitkan di American Journal of Epidemiology.

 3. Mencegah Penyakit Batu Ginjal

    Batu ginjal sebenarnya disebabkan karena garam dan garam menurut teori larut dalam air. Dengan mencukupi kebutuhan air dalam tubuh, maka batu ginjal pada tubuh akan larut dan ikut keluar dengan air seni.

4. Penyeimbang Sistem Getah Bening

    Saat sistem getah bening bekerja dengan optimal, maka tubuh memiliki kekuatan untuk lebih melawan infeksi atau juga infeksi tiroid yang dapat menganggu kesehatan tubuh yang Anda.

5. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

    Dengan mengkonsumsi air putih sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh perhari, maka racun yang terdapat dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine maupun keringat.

6. Memperlancar Buang Air Besar

    Seseorang yang sedang mengalami sembelit atau susah buang air besar dianjurkan untuk minum air putih yang bertujuan untuk membantu melancarkan buang air besar tersebut.

7. Mengurangi Resiko Kanker

    Manfaat air putih yang satu ini jarang diketahui banyak orang. Beberapa studi menunjukkan dengan minum air putih dapat mengurangi risiko kanker kandung kemih dan juga kanker usus besar. Air putih dapat meleburkan konsentrasi gen penyebab kanker dalam urin dan juga dapat memperpendek waktu virus di dalam kontak dengan lapisan kandung kemih. Tubuh yang tak kekurangan cairan dapat mengurangi risiko kanker usus hingga 45 persen, kanker kandung kemih hingga 50 persen, dan kemungkinan juga mengurangi risiko kanker payudara.

8. Menjaga Kebersihan Maupun Kesehatan Gigi dan Mulut

    Didalam rongga mulut terdapat yang namanya air ludah yang berfungsi sebagai self cleansing. Dengan mengkonsumsi asupan air putih perhari yang cukup maka akan memelihara produksi air ludah, sehingga setidaknya mengurangi terkena resiko penyakit gigi dan mulut.

9. Sebagai Obat Sakit Kepala

    Minum air putih dapat membantu meringankan serta mencegah sakit kepala yang disebabkan karena dehidrasi.

10. Mengurangi Rasa Kram dan Terkilir

      Hidrasi yang tepat dapat membantu menjaga sendi dan otot untuk dilumasi, sehingga cenderung tidak mudah untuk terkena kram dan terkilir,terutama saat sedang berolahraga.

11. Menjaga Berat Badan Tubuh

      Memiliki berat badan tubuh yang ideal merupakan impian setiap orang. Bagi yang ingin menyesuaikan berat badan yang proporsional, maka mulailah untuk mencukupi kebutuhan asupan air putih. Karena air putih mampu membantu anda mengontrol jumlah kalori yang masuk ke tubuh.

12. Mencegah Keriput Dini

      Air putih mampu untuk membuat kulit kita menjadi lebih segar dan terlihat bugar setiap harinya karena keriput dini disebabkan kulit terlalu kering. Dengan minum air putih yang cukup, kelembapan kulit akan terjaga. Sehingga kulit terlihat terjaga elastisitasnya dan terhindar dari kulit kusam.

13. Menjaga Mood

      Seseorang yang sedang dehidrasi akan mengalami sakit kepala, kelelahan, suasana hati yang sedang memburuk, kesulitan untuk berkonsentrasi. Minum cukup air putih akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah Anda merasa sulit konsentrasi. Maka dari itu lah, minum air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk mencegah suasana hati yang memburuk.

14. Berpikir Lebih Baik

      Menurut penelitian, tingkat dehidrasi sebesar satu persen saja dari berat badan Anda sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak kita sebagian besar terdiri dari air, sehingga minum air dapat membantu cara berpikir yang lebih baik, lebih waspada dan lebih terkonsentrasi

15. Membantu Memberikan Energi ke Otot

      Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang memadai, mereka tidak dapat bekerja dengan baik dan kinerjanya dapat terganggu.

Itulah 15 manfaat air putih untuk kesehatan dan kecantikan Anda. Jangan lupa minumlah air putih 8 gelas sehari agar tubuh Anda menjadi sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semuanya. Mohon maaf jika ada kata-kata yang salah dan ditunggu komentarnya ya? Dan jangan lupa untuk berkunjung kembali ke blog sederhana saya ini. Terima kasih.

Salam,

15 Manfaat Air Putih Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment