Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, September 4, 2013

Cara Mempercepat Kinerja Windows

Cara Mempercepat Kinerja Windows - Cara Mempercepat Kinerja Windows Pada saat windows dinyalakan, banyak program yang secara otomatis dijalankan oleh windows. Namun sebenarnya tidak semua program yang dijalankan tersebut harus dijalankan bersamaan dengan dimulainya windows. Program-program tersebut akan sangat berpengaruh pada RAM Anda sehingga membuat proses booting pada komputer Anda menjadi lebih lama.

Logikanya, semakin banyak program yang dieksekusi secara otomatis pada saat startup windows maka akan semakin lama pula waktu booting yang dibutuhkan oleh komputer Anda.

Untuk mempercepat proses booting dan menghemat kapasitas RAM pada komputer Anda lakukanlah hal-hal berikut:

  1. Klik menu START > Run
  2. Ketik msconfig kemudian pilih OK
  3. Munculah jendela System Configuration Utility
  4. Lalu klik pada menu Startup yang terdapat di sebelah kanan
  5. Dalam tabulasi Startup ditampilkan program-program yang dijalankan secara otomatis pada saat windows dijalankan.
  6. Tanda checklist di dalam menu Startup ini membuktikan bahwa program yang diberikan tanda checklist tersebut akan dijalankan secara otomatis pada saat komputer dinyalakan
  7. Matikan saja item-item program yang tidak penting untuk dijalankan pada saat windows dijalankan. Misalnya : Yahoo Messenger, MSN Messenger, Winamp, Real Player, Nero, Intervideo Win Cinema Manager, dll yang Anda anggap tidak perlu untuk dijalankan secara otomatis pada saat windows dinyalakan. Hilangkan tanda checklist dari program-program yang Anda anggap tidak penting tersebut.
  8. Jika Anda sudah yakin dengan program-program yang anda rasa tidak Anda butuhkan pada saat memulai windows klik Applykemudian OK
  9. Restart komputer anda

Sekarang proses booting dalam menjalankan windows Anda akan sedikit lebih cepat. Selamat mencoba. :)

MEMPERCEPAT KINERJA WINDOWS DENGAN MEMATIKAN SERVICE TAK BERGUNA.

Didalam microsoft windows terdapat berbagai macam services yang akan terus diaktifkan walaupun Anda sebagai penggunanya tidak membutuhkan services tersebut. Terlebih apabila komputer Anda merupakan komputer yang tidak terhubung kedalam jaringan LAN, sebenarnya Anda tidak membutuhkan berbagai services yang berbau jaringan, tetapi windows tetap menjalankan services tersebut dan akan menyebabkan kinerja windows Anda semakin lambat.

Sebaiknya Anda memilih sendiri services mana yang Anda butuhkan dan matikan services yang tidak Anda butuhkan.

Cara Mematikan Service yg tak berguna :

  1. Klik menu START > Run
  2. Ketik msconfig kemudian pilih OK
  3. Munculah jendela System Configuration Utility
  4. Lalu klik pada menu Services, disini terdapat daftar services yang dijalankan windows
  5. Untuk menonaktifkan service yang menurut Anda tidak dibutuhkan, hilangkan checklist pada service yang menurut anda tidak dibutuhkan tersebut
  6. Langkah selanjutnya buka Administrative Tools [START > Control Panel > Administrative Tools]
  7. 2x klik pada icon Services
  8. Munculah jendela Services, lanjutkan lagi untuk memilih services yang Anda rasa tidak dibutuhkan.
  9. Klik kanan pada service yang Anda rasa tidak dibutuhkan kemudian pilih Stop. Namun pilihan ini tidak cukup, karena apabila komputer di restart kembali, maka services tadi akan berjalan kembali. Oleh karena itu agar service yang tidak dibutuhkan tadi tidak dijalankan lagi oleh komputer Anda, Anda dapat memilih pilihan Startup type menjadi Disable pada menuProperties setiap service [klik kanan > Properties].

10.  Restart komputer anda

Cara Mempercepat Kinerja Windows

Berikut daftar service yang dapat Anda pertimbangkan untuk Anda matikan :

  • Apple Mobile Device

Service yang muncul setelah Anda melakukan proses instalasi iTunes. Services ini tak banyak berguna jadi matikan saja.

  • Computer Browser

Service ini berfungsi untuk menjaga dan mengelola daftar komputer yang terdapat dalam sebuah jaringan. Apabila komputer Anda tidak terhubung ke jaringan, matikan saja service ini.

  • Indexing Service

Indexing Service bertugas untuk membuat index dari dokumen-dokumen Anda. Sangat berfungsi apabila Anda sering melakukan pencarian melalui fitur Search atau Find. Namun apabila Anda jarang melakukan pencarian file lebih baik dimatikan saja service ini

  • iPod Service

Service yang hanya berfungsi apabila Anda memiliki media iPod. Apabila tidak memilikinya matikan saja service ini.

  • IPSEC Service

Service yang berguna apabila Anda ingin membuat sebuah koneksi terenkripsi dengan sebuah server. Jika komputer Anda tidak terdapat dalam sebuah jaringan [LAN maupun internet], maka service ini tak ada gunanya. Matikan saja.

  • Error Reporting Service

Service ini hanya berguna apabila komputer Anda terhubung ke jaringan. Bertugas untuk menyampaikan kesalahan dan error dari event protokol jaringan. Matikan saja service ini apabila komputer Anda tidak terhubung ke jaringan

  • NetMeeting Remote Dekstop Sharing

Sebuah service yang memungkinkan Anda mengendalikan komputer lain dalam sebuah jaringan [LAN maupun internet]. Matikan saja apabila komputer Anda tidak terhubung dengan sebuah jaringan.

  • Portable Media Serial Number Services

Service yang berfungsi untuk memeriksa nomor seri media yang terkoneksi dengan komputer Anda. Layanan ini tidak banyak berguna, jadi matikan saja.

  • Remote Registry

Service yang satu ini berfungsi untuk mengakses registry yang terdapat dalam komputer lain di jaringan. Sangat dibutuhkan apabila Anda merupakan Administrator dalam sebuah jaringan saja. Jadi intinya apabila komputer Anda tidak terhubung dengan jaringan, matikan saja service ini.

  • Server

Service ini sangat dibutuhkan dalam sebuah jaringan untuk berbagi file dan printer. Bila komputer Anda tidak terhubung dengan jaringan, maka sebaiknya service nini dimatikan saja.

  • Storage Space Folder

Sebuah service yang memungkinkan Anda untuk melakukan pertukaran data antar komputer di dalam sebuah jaringan. Matikan saja service ini apabila komputer Anda tidak terkoneksi dengan sebuah jaringan.

  • System Event Notification

Service yang banyak digunakan oleh perusahaan periklanan untuk mengirimkan iklannya lewat internet. Didalam jaringan LAN service ini berfungsi untuk mengirimkan berita berupa jendela pop up saja. Matikan saja apabila service ini tidak Anda butuhkan.

  • TCP/IP NetBIOS Helper

Matikan saja service ini apabila komputer Anda tidak tersambung dalam jaringan

  • Telnet

Sebuah service yang yang berfungsi untuk mengakses komputer lain melalui protocol Telnet. Matikan saja service ini apabila komputer Anda tidak terhubung dengan sebuah jaringan.

  • Upload Manager

Service yang berfungsi untuk memanage file yang akan di upload. Service ini hanya berfungsi dalam sebuah jaringan, apabila komputer Anda tidek terhubung dalam sebuah jaringan, matikan saja service ini.

  • Warning Service Alerter

Berfungsi untuk menyampaikan peringatan dari Administrator. Apabila komputer Anda merupakan Administrator atau sama sekali tidak terhubung dengan jaringan sebaiknya matikan saja service ini.

  • Windows Time

Sebuah service yang berfungsi untuk melakukan sinkronisasi waktu yang terdapat di dalam jaringan. Hanya berguna untuk komputer yang terkoneksi dalam sebuah jaringan.

  • Wireless Zero Configuration

Service ini berfungsi untuk mengatur konfigurasi W-LAN secara otomatis. Jika komputer Anda tidak menggunakan W-LAN matikan saja service ini.

TIPS REGISTRY

  • Mempercepat Loading Program

Tweaking ini bisa berjalan untuk sebagian besar program. Jika program tidak mau loading seperti yg diharapkan, silahkan aja dikembalikan ke setting semula.

1. Klik kanan pada icon/shortcut yg berkaitan dengan program.

2. Properties

3. Pada kotak ‘target’, tambahkan ‘ /prefetch:1′ diakhir kalimat.

4. Klik “Ok”

  • Mempercepat Loading Windows Menu

Tweak ini adalah tweaking fav saya, karena akan komputer kita terasa lebih cepat. Tweaking ini membuang waktu delay ketika kita mengklik menu dan windows XP menampakkan Menu.

1. Start>Run

2. Regedit>Ok

3. “HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Desktop”

4. Pilih/Sorot “MenuShowDelay”

5. Klik kanan dan pilih “Modify’

6. Ketik angka “100? (aslinya 400)

  • Mempercepat Performa Swapfile

Jika anda memiliki ram lebih besar dari 256MB bisa dibilang tweaking yg ini akan membuat sistem anda berjalan lebih cepat. Tweaking ini pada dasarnya PC kita mengunakan setiap byte dari memori fisik yg terpasang di komputer kita, SEBELUM mengunakan swap file. Cara Mempercepat Kinerja Windows

1. Start>Run

2. “msconfig.exe”>ok

3. Klik tab System.ini

4. Klik tanda plus pada tab 386enh

5. Klik kotak new kemudian ketik “ConservativeSwapfileUsage=1?

6. Klik OK

7. Restart

Nah, itulah Cara Mempercepat Kinerja Windows, semoga bisa bermanfaat yah sobat.

Cara Mempercepat Kinerja Windows Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment