Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Tuesday, August 20, 2013

Cara cepat agar Blog dikenali Google

Cara cepat agar Blog dikenali Google - Sering orang menanyakan bagaimana caranya agar website atau Blog saya bisa dikenaliatau  terlacak oleh google? Atau terlihat oleh mesin pencari?atau bagaimana caranya agar blog saya muncul di google?

Tentunya syarat pertama harus terlebih dahulu terindex oleh mesin pencari itu sendiri.

Ketika anda membuat website atau blog untuk bisnis anda, hal pertama yang pasti anda  inginkan  adalah agar orang segera dapat mengetahui dan melihatnya di internet. Dan sudah pasti salah satu cara  mereka bisa menemukannya   adalah melalui mesin pencarian atauSearch Engine. Tapi biasanya, anda harus menunggu lama agar suatu ketika Google dapat masuk dan  menjelajah situs Website  anda atau blog anda dan menambahkan konten anda, atau  konten terbaru anda ke dalam daftar pencarian Google.

Jadi sekarang pertanyaannya adalah bagaimana anda memastikan hal ini dapat terlaksana dengan baik dan lebih cepat. Berikut adalah dasar-dasar dan cara-cara agar website atau blog anda dijelajahi dan diindeks lebih awal dan lebih baik.

Apa yang dimaksud Googlebot, Crawling, dan Indeks?

  • Googlebot hanyalah alat  pencarian dari Google  untuk mengumpulkan informasi tentang dokumen di web atau blog untuk menambah indeks yang nantinya dicari oleh mesin Google.
  • Crawling adalah proses di mana Googlebot bergerak dari situs ke situs web, mencari informasi baru dan diperbarui untuk dilaporkan kembali ke Google. Googlebot menemukan apa yang dicarinya melalui  link link.
  • Indexing adalah pengolahan informasi yang dikumpulkan oleh Googlebot dari aktivitas crawling tadi. Setelah dokumen diproses, lalu ditambahkan ke indeksGoogle. Selama proses ini Googlebot memproses kata-kata pada setiap halaman yang ada dan mencatat di mana saja terdapat kata-kata seperti itu. Informasi seperti tag, judul dan atribut ALT juga dianalisis selama proses ini.

Seperti apa Google menemukan konten baru itu di website baru atau blog ?, ini dimulai dengan halaman web yang dicatat selama proses crawling sebelumnya dan menambahkan dalam data sitemap yang diberikan oleh webmaster. Mesin pencari  menelusuri halaman web yang ditemukan sebelumnya, lalu mendeteksi link pada halaman tersebut, menambahkanya ke dalam daftar halaman untuk dijelajahi. Jika anda ingin tahu lebih detail, anda dapat membacanya pada  Webmaster Tools support.

Konten baru di web ditemukan melalui Sitemaps dan link.

Sekarang kita akan melihat bagaimana untuk mendapatkan Sitemaps di website anda dan link untuk itu yang akan membantu Google menemukan situs-situs baru, blog, dan konten-kontennya.

Cara  membuat agar Website anda atau Blog  anda terliahat oleh mesin pencari itu. Berikut adalah beberapa cara.

Sitemap.

Sitemap adalah dokumen XML pada server website anda yang pada dasarnya berisikan setiap halaman di situs Web Anda. Ini memberitahu mesin pencari ketika halaman baru telah ditambahkan dan seberapa sering anda memeriksa kembali untuk perubahan pada halaman tertentu. Sebagai contoh, anda mungkin ingin mesin pencari untuk kembali dan memeriksa situs anda setiap hari untuk produk baru, berita, dan konten baru lainnya. Jika situs Web anda dibangun di atas WordPress, anda dapat menginstal plugin Google XML Sitemaps dan secara otomatis membuat dan memperbarui sitemap anda  serta mengirimkannya ke mesin pencari. anda juga dapat menggunakan alat-alat seperti XML Sitemaps Generator.

Submit Sitemap ke Google Webmaster Tools

Yang pertama yang harus anda lakukan adalah mendapatkan sitemap  untuk sebuah website baru anda. anda harus mengunjungi Google Webmaster Tools. Jika belum, buatlah akun Google terlebih dahulu, gratis. Kemudian mendaftar untuk Webmaster Tools. Tambahkan situs baru anda ke Webmaster Tools, ikuti saja tahapannya di sana, seperti  Optimasi,  Sitemaps dan menambahkan link ke sitemap website anda ke Webmaster Tools untuk memberitahu Google termasuk halaman yang sudah diterbitkan. Jangan lupa untuk  membuat account dengan Bing dan submit sitemap anda kepada Bing  melalui Bing Webmaster Tools.

Instal Google Analytics - Anda harus  melakukan  ini tanpa kecuali untuk memperbaiki kwalitas pencarian, dan   ini pasti akan memperingatkan  Google bahwa sebuah website baru anda sudah dibuat..

Submit URL Website Search Engine – ini adalah cara lain untuk mendapatkan crawling mesin pencari untuk website Anda. Tidak sulit dan hanya membutuhkan waktu beberapa saat saja, dan tidak ada ruginya. Jadi mengirimkan URL website anda ke Google dengan masuk ke Akun Google anda dan klik tombol Submit di Webmaster Tools. Untuk lebih sempurna lagi  kirimkan situs anda ke Bing.

Buatlah akun atau sebuah profil di social media.
Seperti disebutkan sebelumnya, Google mengunjungi situs anda melalui link. Salah satu cara untuk mendapatkan beberapa link cepat adalah dengan membuat profil jejaring sosial untuk situs web baru anda atau menambahkan link ke situs web baru anda ke profil yang sudah ada. Ini meliputi profil Twitter, halaman Facebook, profil Google+, profil LinkedIn atau halaman perusahaan, profil Pinterest, dan  YouTube.

Bookmark It – Gunakan situs bookmark sosial lainnya yang juga berkualitas seperti Deliciousdan StumbleUpon.

Bagi tautan website baru anda
Setelah anda telah menambahkan link website baru anda ke profil sosial yang baru atau yang sudah ada, berbagi di status update di jaringan tersebut. Sementara link ini termasuk link nofollow, namun aktifitas anda di jejaring social ini  masih akan mengingatkan search engine yang melacak sinyal  jejaring sosial. Untuk Pinterest, pin gambar dari situs web dan YouTube, buatlah video memperkenalkan situs baru Anda dan menyertakan link ke dalam deskripsi video anda. Bagaimanakah caranya agar  blog baru anda ditemukan apabila situs baru anda itu adalah sebuah Blog? Blog umumnya sudah dirancang untuk SEO friendly. Anda juga dapat melakukan hal berikut untuk membantu agar lebih cepat  ditemukan oleh Google : Cara cepat agar Blog dikenali Google

  • Men-setup RSS anda dengan Feedburner - Feedburner adalah alat manajemen sendiri RSS Google. Sign up atau ke akun Google anda dan mengirimkan feed  anda dengan Feedburner dengan menyalin URL blog anda atau RSS feed URL ke dalam field "burn feed". Selain oleh sitemap anda yang sudah ada pada rancangan blog anda, cara ini juga akan memberitahu Google tentang keberadaan blog baru anda dan setiap kali anda memperbaruinya dengan posting baru. Maka blog sebaiknya sering sering diperbaharui.
  • Submit ke Direktori Blog - TopRank memiliki daftar lengkap  situs-situs yang bisa mengirimi anda RSS feed dan blog. Ini akan membantu anda membangun link lebih baik. Jika anda sekarang belum siap untuk melakukan semuanya tahapan atau cara-cara di atas, setidaknya anda memulai dengan mengunjungi Technorati, Technorati merupakan salah satu direktori blog papan atas. Setelah anda memiliki konten yang baik dan berkualitas untuk dipublikasikan, kunjungi jugaAlltop.
  • Setelah website anda atau blog diindeks, anda akan mulai melihat lebih banyak lalu lintas dari pencarian Google.  Konten baru anda akan ditemukan lebih cepat  jika anda telah menyiapkan Sitemaps atau memiliki RSS feed. Cara terbaik untuk memastikan bahwa konten baru anda ditemukan dengan cepat hanya dengan berbagi pada media jejaringan sosial melalui update status, terutama di Google+.

Ketahuilah  bahwa konten blog umumnya dijelajahi dan diindeks jauh lebih cepat daripada halaman " website statis" yang bentuknya sudah seperti itu dan tidak dirubah lagi, tidak ditambah, kurangi atau di-update konten-kontennya. Jadi pertimbangkan memiliki blog yang mendukung website anda. Misalnya, jika anda memiliki halaman produk baru, tulislah posting blog tentang produk anda itu dan  buatlah link. Ini akan membantu halaman produk anda ditemukan jauh lebih cepat oleh mesin pencari. Nah, itulah Cara cepat agar Blog dikenali Google

Cara yang lainnya sebagai berikut:

Submit Sitemap ke Search Engine Google/Bing

Sitemap adalah sebuah daftar isi yang menerangkan tentang apa yang ada pada blog/website anda, sitemap disini bukan daftar isi yang seperti ada pada halaman melainkan sitemap yang berupa XML, XML adalah sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh search engine. Untuk pengguna Wordpress bisa membuat sitemap dengan plugin, dan untuk pengguna Blogspot biasanya sudah terintegrasi, seperti pada contoh dibawah.

Silahkan submit sitemap anda pada Google Webmaster Tools, untuk Bing/Yahoo silahkan submit ke Bing Webmaster Tools

Link Building Agar Postingan Cepat Terindex Mesin Pencari

Untuk cepat terindex anda harus membangun link ke halaman post anda, jangan hanya mencari link mengarah ke homepage saja, carilah link dofollow yang mengarah ke konten anda. Hal ini juga akan membuat blog anda menjadi populer dan terpercaya di mata search engine, mesin pencari seperti Google sangat senang dengan blog/web yang mempunyai link dofollow yang relevan yang mengarah ke halaman blog anda dan Google Pagerank pun bisa anda dapatkan.

Cara Cepat Terindex Google Dengan Social Bookmarking/Social Media

Salah satu cara yang sangat cepat agar blog anda terindex mesin pencari adalah dengan membagikan (share) konten anda pada situs social bookmark yang banyak di jumpai sekarang ini seperti Twitter, Facebook, Digg, Linkedin,dll ataupun situs social bookmark Indonesia seperti Infogue, lintas.me, Debuk,dll. Selain itu blog anda juga akan mendapatkan traffic dari situs social media tersebut.

Internal Linking Dalam Halaman Blog/Website

Jika anda ingin halaman baru pada situs anda diindeks cepat maka internal linking akan menjadi sangat berguna. Sebutkan halaman baru anda dengan anchor text link, dan perbarui (update) halaman yang sudah terindeks sebelumnya dengan menyertakan link ke halaman baru anda (pastikan pembahasan pada konten anda sebelumnya cocok dengan konten anda yang baru).

Linking halaman situs anda bukan hanya tentang membangun external backlink. Hal yang sangat penting juga adalah membangun link dalam website anda (internal linking) yang akan mengingatkan mesin pencari tentang kehadiran konten baru pada situs anda.

Ping website/blog untuk memanggil Google/Bing spider

Ping pada mulanya merupakan metode untuk blogger untuk memperingatkan mesin pencari pada konten baru di blog mereka. Namun, telah berkembang di mana setiap orang dapat menggunakannya untuk memperbarui (update) bukan hanya blog tapi juga website tradisional

Ping adalah sarana yang sangat berguna memperingatkan mesin pencari dan direktori untuk pembaruan dalam konten anda.
Ada banyak situs layanan ping online yang tersedia. Beberapa yang terbaik yang saya ketahui adalah:

pingoat.com

pingler.com

pingomatic.com

Komentar Pada Blog Agar Cepat Terindex Search Engine

Blog dengan pembaca yang aktif dan banyak konten baru akan di crawled secara teratur oleh search engine, dengan berkomentar pada blog seperti itu maka anda akan mendapatkan imbas dari popularitasnya dan akan mendapatkan halaman sendiri diindeks dengan cepat. Cobalah mengomentari posting terakhir pada blog-blog yang sudah terkenal dan mempunyai ranking tinggi, ini adalah cara yang sangat efektif untuk mendapatkan halaman baru diindeks cepat dan pastikan bahwa anda menggunakan halaman yang ingin diindeks sebagai URL website anda ketika berkomentar tidak hanya halaman muka (homepage) saja.

Update Konten Blog/Website Secara Teratur

Pastikan anda memperbarui situs anda secara teratur, konten yang fresh adalah penting untuk mendapatkan halaman baru diindeks. Jika konten yang ada pada blog anda sudah basi maka search engine tidak akan menjelajahi (crawl) blog anda secara teratur, Di sisi lain, jika anda menjaga blog anda segar dan diperbarui (meskipun memperbarui halaman indeks) maka spider mesin pencari akan terus datang kembali. Sebagai alasan kenapa banyak blog mempunyai peringkat baik dan konten nya terindeks cepat tidak lain adalah karena si pemilik blog sering memperbarui situs mereka dengan konten baru yang segar.

Cara cepat agar Blog dikenali Google Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment