Kesehatan, Cara Hidup Sehat, Cara Mengobati, Mencegah Penyakit

Wednesday, June 5, 2013

Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia

Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia - Sistem gerak pada manusia dapat mengalami gangguan atau kelainan. Kelainan pada sistem gerak dapat terjadikarena beberapa hal, seperti kelainan sejak lahir, kekurangan vitamin, dan kecelakaan. Berikut ini contoh-contoh kelainan yang terjadi pada sistem gerak kita. :

Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia:
1. Rickets
    Rickets merupakan suatu kelainan pada tulang yang terjadi karena kekurangan zat kapur, fosfor, dan vitamin D. Kelainan ini dapat terlihat dari kaki yang berbentuk huruf O dan Huruf X.

2. Osteoporosis
    Suatu keadaan dimana penghancuran tulang lebih cepat dari pada proses pembentukan tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos. Penyebabnya yaitu karena kekurangan kalsium. Penyakit ini mudah terjadi pada orang-orang yang sudah lanjut usia.

3. Patah tulang ( Fraktura)
    Retak atau patah tulang dapat terjadi karena benturan atau tekanan yang terlalu keras. Selain penyebab tersebut patah tulang dapat terjadi karena kecelakaan.
Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia

4. Arthritis
    Arthritis merupakan peradangan yang terjadi pada sendi. Dapat terjadi karena banayk mengangkat atau membawa beban terlalu berat, Ataupun infeksi mikroorganisme.

5. Lepas Sendi
    Sendi lepas dapat dari tempatnya sehingga ligamen putus / sobek. Hal ini dapat terjadi karena kecelakaan ataupun ketika melakukan olahraga berat.
 Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia


6. Kebiasaan Posisi duduk
    Posisi duduk yang salah dapat mengakibatkan pertumbuhan dan posisi tulang seseorang mengalami kelainan. Kelainan tulang ini dapat terjadi karena kebiasaan posisi duduk yang salah. Contoh kelainan akibat kebiasaan duduk yang salah adalah: Skoliosis, Kifosis, dan Lordosis

    A. Skoliosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung kesamping sehingga tubuh ikut melengkung ke samping.
    B. Kifosis adalah kelainan pada tulang belakang melengkung ke belakang, Sehingga tubuh Bungkuk.
    C. Lordosis adalah kelainan pada tulang belakang bagian perut melengkung ke depan sehinnga bagian perut maju 
                

#Kalau mau lebih jelas lihat gambar di bawah ini

tubuh

Nah, sudah paham bukan mengenai Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia, semoga artikel ini bisa bermanfaat buat para pembaca Terunggah.

Kelainan Pada Tulang Belakang Manusia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Blogger

0 comments:

Post a Comment